Pol PP Kota Pariaman Jamin Keamanan dan Kenyamanan Pengunjung di Objek Wisata


dewi | 10 Mei 2022

Kominfo Kota Pariaman---Mengunjungi objek wisata menjadi salah satu alternative untuk menghabiskan waktu liburan. Kenyaman dan keamanan saat berwisata menjadi syarat utama saat mencari tempat untuk berlibur selain keindahan tempat tersebut. Hal itulah yang menjadi prioritas utama oleh Pemko Pariaman dalam memajukan objek wisata, dimana Pemko Pariaman melalui Dinas Satuan Polisi Pamong Prama dan Pemadam Kebakaran (Dinas Satpol PP dan Damkar) Kota Pariaman menempatkan petugas dititik – titik objek wisata dengan tujuan untuk memberikan keamanan terhadap pengunjung. Selama  Festival Pantai Pariaman (Festival PaPa) Tahun 2022 khususnya, 60 personil Polisi Pamong Praja (Pol PP) ditugaskan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan terhadap pengunjung objek wisata.

Seperti Dedi Fernando, salah seorang petugas Satpol PP Kota Pariaman yang diberi tugas untuk pengamanan keberangkatan para penumpang kepulau Angso Duo. Dedi bersama 4 orang lainnya bertugas mulai pukul 07.00 Wib sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Kita diberi tanggung jawab untuk mengamankan keberangkatan dan sampai kembalinya para pengunjung dari objek wisata Pulau Angso Duo. Disini kita menjalankan tugas bagaimana para pengunjung merasa aman saat ingin menyeberang dan kembali kedaratan. Dan menjadi tanggung jawab kita bersama membuat para pengunjung senyaman mungkin saat berada di objek wisata Kota Pariaman, “ ungkapnya.

Bertugas dilapangan memang banyak menemui suka dan duka, namun dengan kebersamaan dan support yang diberikan pimpina, semua yang dihadapi saat menjalankan tugas, bisa teratasi dengan sebaik mungkin.

“Untuk keluargapun memang sering kita tinggalkan selama bertugas, namun mereka memahaminya dan mendukung semua kegiatan yang kita lakukan khususnya selama Festival PaPa 2022 yang digelar dari Tanggal 3 s.d 15 Mei 2022. Tapi kita tetap berusaha membagi waktu antara pekerjaan dengan keluarga sehingga kerjaan selesai dan keluargapun bahagia, “ ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Novita Sari, salah satu petugas Satpol PP perempuan yang bertugas di Pantai Gandoriah. Selama menjalankan tugas, perempuan yang berusia 26 th ini malah sering mendapat candaan dari para pengunjung. Disamping mempunyai paras yang manis, Vita sapaan akrapnya dikenal dengan petugas yang mudah senyum.

“Ini sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai petugas keamanan dan kenyamanan di objek wisata. Bertugas di Pantai Gandoriah yang merupakan salah satu objek wisata yang ramai pengunjung memang cukup melelahkan. Namun semuanya bisa terobati ketika sedang bersama para pengunjung yang santun. Disini kita bertugas memberikan informasi kepada pungunjung untuk selalu menjaga kebersihan, selalu mengawasi anak – anak ketika sedang bermain pantai, waspada selalu dengan barang bawaan, “ ungkapnya.

Vita dan 19 (sembilan belas) temannya juga menginformasikan kepada para pedagang agar berdagang tidak memakai badan jalan. Begitu juga dengan pengunjung agar tidak memarkir kendaraan di bahu jalan. Dengan kerajasama yang baik, Pantai Gandoriah sampai saat ini masih aman dan kondusif.

Lain ceritanya bagi petugas yang ditempatkan di Pulau Angso Duo. Vitto jawanta salash satu petugas dari Satpol PP Kota Pariaman mulai menjalankan tugas sejak pukul 07.00 Wib sampai selesai. Vitto bersama 2 (dua) orang temannya menjalankan tugas dengan berpatroli mengelilingi pulau untuk memastikan para pengunjung aman dan nyaman berada di Pulau Angso Duo Kota Pariaman.

“Kami bertiga menjalankan tugas dibeberapa titik. Mulai dari dermaga kedatangan pengunjung sampai mengawasi para pengunjung yang sedang berwisata. Para pengunjung kita bantu mulai turun dari kapal dan nanti mereka dipastikan telah kembali lagi ke Pantai Gandoriah. Kita juga lakukan koordinasi bersama tim yang berada di Pantai Gandoriah apabila tiba – tiba cuaca mulai berubah, “ ujanrnya.

Tidak hanya itu, para pengunjungpun selalu diingatkan untuk bermain dibibir pantai saja. Ini bertujuan agar tidak adanya pengunjung yang lengah saat bermain pantai sehingga tanpa disadari sudah mulai ketengah laut. Sampai saat ini, kondisi pengunjung di pulau masih aman dan nyaman.

“Kita juga disini menciptakan suasana yang kondusif bersama para pengunjung. Sehingga antara petugas dan pengunjung sudah seperti keluarga, “ tutupnya.(dewi lestari)

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>