Rakoor TIK se Kota Pariaman Untuk Meningkat Kapasitas Desa Melalui TPID


Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kota Pariaman, Marwan sedang menyampaikan Laporannya dalam acara Rakoor TIK Tahun 2019

Tachi | 25 Juni 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Bertempat di Aula Kantor PU Lantai 3 Kelurahan Karan Aur Kecamatan Pariaman Tengah Selasa (25/6/2019) Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kota Pariaman mengadakan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Desa Kota Pariaman Tahun 2019.

Dalam laporannya Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD Kota Pariaman Marwan menyampaikan bahwa maksud diadakannya Rakoor ini adalah sebagai upaya peningkatan koordinasi pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan dan penyebaran informasi, kebijakan baru dan capaian program inovasi desa dalam percepatan pembangunan desa dengan implementasi UU Desa.

“Tujuan kami mengadakan rakoor ini adalah melakukan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan kegiatan dalam program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kota Pariaman, Mengadakan sosialisasi dan diseminasi pokok-pokok kebijakan program yaitu P3MD, PID, PEL, PSDM, Melakukan evaluasi pelaksanaan tahapan Program Inovasi Desa 2018, Menyusun rencana kerja dan strategi perbaikan Implementasi Program Inovasi Desa 2019, Meningkatkan kapasitas para pelaku program Inovasi Desa di tingkat Kota dan Kecamatan, serta mengendalikan dan melakukan konsolidasi Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) ”, terang beliau.

Lebih lanjut Marwan mengatakan bahwa kegiatan ini sepenuhnya di danai oleh Dana Bantuan APBN melalui Dana Anggaran Tim Inovasi Kota (TIK) Kota Pariaman Tahun 2019, beliau juga berharap semoga dengan rakoor ini inovasi-inovasi yang dilahirkan di Tahun 2019 bisa terinvetarisir dan terakomodir nantinya oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) dari TPID ke TIK  dan kita juga bisa merekomendasikannya ke Tingkat Nasional sehingga Kota Pariaman diharapkan akan banyak melahirkan inovasi-inovasi yang baru nantinya.

Seperti yang telah diketahui bahwa Program Inovasi Desa (PID) ini merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan agenda Nawacita dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Maksud dari PID disini adalah untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan Undang-Undang No.6 Tahun 2014 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa sedara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki saya saing.

Rakoor secara resmi dibuka oleh Sekretaris DPMD Kota Pariaman Yulinesra. Beliau mengatakan dalam program-program ini kita harus melibatkan seluruh unsur masyarakat dan seluruh komponen yang ada di desa untuk meminta masukan dari mereka demi untuk kemajuan desa itu sendiri dan harapan beliau supaya TPID dan TIK ini bisa saling bekerjasama sehingga akan terjadi sinkronisasi antara desa dan kota , makanya kalau memang sudah berjalan tingkatkan kerjasama itu dan pertemuan di perkuat terus seperti contoh hari ini adalah salah satu cara bagi kita untuk dapat membicarakan dan melahirkan inovasi-inovasi baru yang bisa di bawa ke Tingkat Nasional nantinya.

Hadir dalam acara tersebut Satker P3MD/PID Provinsi Sumatera Barat, Konsultan Pendamping Wilayah 2 Provinsi Sumatera Barat, Kepala Bappeda Kota Pariaman, Camat se Kota Pariaman, TIK Pariaman, TPID , Tenaga Ahli, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan Pimpinan CV. Desikon. (desi)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Rapat Koordinasi PKH 2019, Mardison : Pelaksanaan PKH...
    23 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Pembangunan Pasar Pariaman Memasuki Tahap Lelang
    23 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Yuni Butuh Modal Untuk Usaha Rajutan Jaringnya
    23 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Kejari Pariaman Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 Tahun...
    22 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Ratusan Guru PAUD, SD Ikuti Seminar SB3 (Satu...
    20 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Silaturrahim Akbar PKDP Pusat Siap Dukung Pembangunan Kota...
    20 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Bimtek Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran...
    20 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Bunda PAUD Kota Pariaman Telah di Kukuhkan
    20 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Pelepasan Pemberangkatan JCH Kota Pariaman Berlansung Lancar
    19 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Melati Kajai Satu-Satunya Di Kota Pariaman
    19 Juli 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Contoh Surat Lamaran Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Pembukaan Program Magister Fakultas Ilmu Sosial (FISIP)...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL TES KOMPETENSI DASAR PENERIMAAN TENAGA TEKNOLOGI...
    26 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • DENAH LOKASI FESTIVAL PESONA GANDORIAH
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PETUNJUK TEKNIS FESTIVAL LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • FORMULIR FESTIVAL LOMBA LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Tenaga TIK Pemko...
    21 Juni 2019
    Selengkapnya >>