Rombongan Pemko Pariaman Kunjungi KSP RI


Walikota Pariaman, Genius Umar dan para Kepala Desa, Lurah dan pengurus LKAAM Kota Pariaman, berfoto bersama dengan Kepala KSP RI, Moeldoko di Istana Presiden RI, Jakarta

J | 20 Maret 2019

 

Kominfo Kota Pariaman, Jakarta --- Walikota Pariaman, Genius Umar dan rombongan kepala desa, lurah dan pengurus LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) se Kota Pariaman, mengunjungi Kantor Staf Presiden (KSP) RI di Istana Presiden RI, Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Rombongan diterima langsung oleh kepala KSP RI, Moeldoko, yang menyambut baik kedatangan rombongan dari Kota Pariaman.

"Saya sangat senang dan berterimakasih sekali atas kedatangan Walikota Pariaman dan perangkat desa, lurah dan perangkat adat. KSP memiliki program KSP mendengar, kami menerima kunjungan dari berbagai kalangan untuk mendengarkan keluhan, saran dan kritik dari masyarakat. Nanti akan kami sampaikan kepada Presiden RI sehingga aspirasi masyarakat bisa tersalurkan", ujarnya mengawali pertemuan.

Mantan Panglima TNI ini juga mengapresiasi langkah Pemko Pariaman yang menjemput informasi dan berdialog langsung dengan pemerintah pusat, sehingga tahu kebenaran informasi yang berkembang ditengah masyarakat.

Putra Kediri, Jawa Timur tersebut juga menjelaskan tugas dan fungsi dari KSP RI.

"KSP RI bertugas mengurus urusan politik, mengelola isu-isu strategis, melakukan komunikasi politik dan memonitor serta evaluasi proyek stragis nasional", jelasnya.

"Beberapa proyek strategis telah dibangun di Sumatera Barat seperti pembangunan jalan di Kabupaten Solok selatan sepanjang 37 kilometer, jalan menuju kawasan Mandeh sepanjang 40 kilometer, revitalisasi Rumah Gadang di Solok Selatan, memulai pembangunan jalan tol Padang ke Pekanbaru dan jalan Trans Mentawai", terangnya.

"Infrastruktur jalan sangat penting dibangun di daerah kerena akan membuka akses ekonomi baru. Pembangunan sekarang sekarang berorientasi Indonesia Centris, artinya pembangunan yang merata di seluruh Indonesia", sambungnya.

Moeldoko mengatakan empat tahun terakhir pemerintah fokus membangun infrastruktur dan tahun ini fokus pada pembangunan SDM.

"Setelah infrastruktur kita bangun maka investor akan banyak masuk ke Indonesia, sehingga perlu kita persiapkan generasi muda menghadapi dunia kerja melalui balai latihan kerja. Salah satunya pemerintah akan merevitalisasi BLK sebagai wadah menyiapkan tenaga kerja siap pakai", jelasnya.

Walikota Pariaman Genius Umar menyampaikan bahwa kunjungan tersebut sebagai sinkronisasi pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

"Program di desa harus sesuai dengan program pemerintah pusat. Kalau empat tahun terakhir fokus pada infrastruktur maka mulai tahun ini juga harus fokus pada pengembangan SDM di desa", ungkapnya.

"Pertemuan ini juga bisa membangkitkan semangat kerja kepala desa dan lurah karena telah melihat dan mendengar langsung kinerja pemerintah pusat", imbuhnya.

Sementara itu Kepala Desa Kampuang Baru Padusunan, Kecamatan Pariaman Timur, Suardi MZ menyampaikan di depan forum bahwa hingga usianya 46 tahun, baru hari ini bisa menginjakkan kaki dan duduk di Ruang Rapat di Gedung Bina Graha Jakarta.

"Saya mewakili kepala desa menyampaikan terimakasih kepada Walikota Pariaman, Bpk.Genius Umar karena telah membawa kami ke Istana Negara RI. Biasanya hanya melewati dan melihat Istana Negara dari jalan, saja namun sekarang bisa berdialog langsung dengan pak Moeldoko", jelasnya.

Suardi juga menyampaikan bahwa dana desa sangat bermanfaat untuk pembangunan daerah dari pinggir.

Ia juga menyampaikan agar gaji kepala desa disesuaikan, karena dana yang dikelolanya mencapai miliyaran.

Lurah Jalan Kereta Api, Nurhamidah juga menyampaikan terimakasih kepada pemerintah pusat yang juga mengucurkan anggaran kelurahan.

Ia juga menugusulkan agar lurah juga diberi kewenangan khusus seperti kepala desa.  (Eri)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN