SABIJU LIBER Cara Pemko Pariaman Atasi Penumpukan Sampah Rumahan


Masyarakat sedang menimbang sampah di Bank Sampah SABIJU LIBER

dewi | 12 April 2019

Kominfo Kota Pariaman---Salah satu upaya untuk mengurangi jumlah sampah yang akan dibuang, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kota Pariaman membentuk Bank Sampah SABIJU LIBER (sampah jadi uang lingkungan bersih) untuk wilayah Kota Pariaman.

Pembentukan Bank Sampah sudah menjadi kewajiban di seluruh Kota dan Kabupaten se Indonesia karena merupakan kegiatan Nasional dan untuk Kota Pariaman kita beri nama SABIJU LIBER, “ ungkap Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan Lingkungan Hidup (P2KLH) Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman Leni Amin.

Tujuan lain didirikan Bank Sampah SABIJU LIBER ini adalah agar masyarakat di tingkat Desa / Kelurahan bisa mendirikan Bank Sampah sendiri sehingga Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman akan menjadi pusat dari semua Bank Sampah yang ada di Desa/Kelurahan se Kota Pariaman. Sampai saat ini Dinas Perkim dan LH baru bisa membentuk 10 Bank Sampah yang ada di Kota Pariaman.

Cara kerja pada kegiatan SABIJU LIBER ini sangat simpel dan praktis. Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup menampung sampah – sampah dari masyarakat setiap hari Jum’at pada pukul 09.00 s/d 11.00 Wib di halaman Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup kota Pariaman Jalan Diponegoro Kp.Pondok Kecamatan Pariaman tengah.

“ Tidak semua sampah yang bisa di storkan pada Bank Sampah SABIJU LIBER. Sampah – sampah yang bisa di storkan pada SABIJU LIBER adalah bungkus roti, aneka ragam plastik, kantong kresek (asoi), air mineral gelas bersih (tanpa tutup/label), air mineral gelas kotor (dengan tutup/label),  Air mineral botol bersih (tanpa tutup/label), air mineral botol kotor (dengan tutup/label), karung bersih, karung kotor, botol oli/dirigen/tutup botol air mineral, ember/baskom hitam, karah, minuman siap saji gelas, kardus/karton, kertas putih, kertas buram, Koran dan aluminium, “ terangnya.

Masyarakat tidak harus menumpuk sampah tersebut lama – lama dirumah karna Bank Sampah SABIJU LIBER dibuka setiap jum’atnya. Bagi masyarakat yang bergabung dengan SABIJU LIBER, Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup akan membuatkan tabungan dan nominal penjualan sampahnya akan di masukkan ke dalam tabungan tersebut, masyarakat bisa mengambil tabungan apabila telah terkumpul minimal 50 ribu.

Masyarakat yang menukar sampahnya di SABIJU LIBER akan punya buku tabungan sendiri dan setiap kali penukaran sampah akan dibuatkan slip setorannya dan langsung dimasukkan kedalam buku tabungan. Bank Sampah SABIJU LIBER bersifat mandiri, jadi tidak ada menjalin kerja sama dengan pihak Bank yang ada diKota Pariaman.

Untuk harga beli pada Bank Sampah SABIJU LIBER sedikit tinggi dari pembeli barang bekas lainnya. Ini bertujuan agar masyarakat bersedia menukar sampahnya di Bank Sampah ini. Harga beli tidak pernah tetap, selalu berubah – ubah sesuai pasaran pengumpul dan pengumpul Bank sampah SABIJU LIBER sengaja dipih yang berdomisili di Kota Pariaman.

SABIJU LIBER diluncurkan pada Tahun 2016 namun sempat tutup karna tidak adanya pelanggan yang tukar sampahnya. Setelah gencar dilakukan sosialisasi ke Desa – Desa, pada Tahun 2017 kembali aktif sampai sekarang. Namun belum terlalu naik peminat masyarakat dari tahun – tahun sebelumnya. Mungkin karena kasibukan mereka dan tidak sempat mengantarkan ke Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman.

Pelanggan Bank Sampah rata – rata masih dari petugas kebersihan Kota Pariaman, namun kami akan selalu mensosialisasikan Bank Sampah ini dengan cara sosialisasi bersama pihak Desa/ Kelurahan, mendirikan stand Bank Sampah SABIJU LIBER apabila ada event – event besar diKota Pariaman.

Ia berharap agar masyarakat lainnya yang belum menjadi pelanggan Bank Sampah SABIJU LIBER agar segera berlangganan sehingga tidak terlalu banyak sampah yang menumpuk dirumah.SABIJU LIBER Sampah Jadi Uang Lingkungan Bersih dan Kita Sehat Sekeluarga.(dhewie)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>