SABIJU LIBER Cara Pemko Pariaman Atasi Penumpukan Sampah Rumahan


Masyarakat sedang menimbang sampah di Bank Sampah SABIJU LIBER

dewi | 12 April 2019

Kominfo Kota Pariaman---Salah satu upaya untuk mengurangi jumlah sampah yang akan dibuang, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim dan LH) Kota Pariaman membentuk Bank Sampah SABIJU LIBER (sampah jadi uang lingkungan bersih) untuk wilayah Kota Pariaman.

Pembentukan Bank Sampah sudah menjadi kewajiban di seluruh Kota dan Kabupaten se Indonesia karena merupakan kegiatan Nasional dan untuk Kota Pariaman kita beri nama SABIJU LIBER, “ ungkap Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kemitraan Lingkungan Hidup (P2KLH) Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman Leni Amin.

Tujuan lain didirikan Bank Sampah SABIJU LIBER ini adalah agar masyarakat di tingkat Desa / Kelurahan bisa mendirikan Bank Sampah sendiri sehingga Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup Kota Pariaman akan menjadi pusat dari semua Bank Sampah yang ada di Desa/Kelurahan se Kota Pariaman. Sampai saat ini Dinas Perkim dan LH baru bisa membentuk 10 Bank Sampah yang ada di Kota Pariaman.

Cara kerja pada kegiatan SABIJU LIBER ini sangat simpel dan praktis. Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup menampung sampah – sampah dari masyarakat setiap hari Jum’at pada pukul 09.00 s/d 11.00 Wib di halaman Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup kota Pariaman Jalan Diponegoro Kp.Pondok Kecamatan Pariaman tengah.

“ Tidak semua sampah yang bisa di storkan pada Bank Sampah SABIJU LIBER. Sampah – sampah yang bisa di storkan pada SABIJU LIBER adalah bungkus roti, aneka ragam plastik, kantong kresek (asoi), air mineral gelas bersih (tanpa tutup/label), air mineral gelas kotor (dengan tutup/label),  Air mineral botol bersih (tanpa tutup/label), air mineral botol kotor (dengan tutup/label), karung bersih, karung kotor, botol oli/dirigen/tutup botol air mineral, ember/baskom hitam, karah, minuman siap saji gelas, kardus/karton, kertas putih, kertas buram, Koran dan aluminium, “ terangnya.

Masyarakat tidak harus menumpuk sampah tersebut lama – lama dirumah karna Bank Sampah SABIJU LIBER dibuka setiap jum’atnya. Bagi masyarakat yang bergabung dengan SABIJU LIBER, Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup akan membuatkan tabungan dan nominal penjualan sampahnya akan di masukkan ke dalam tabungan tersebut, masyarakat bisa mengambil tabungan apabila telah terkumpul minimal 50 ribu.

Masyarakat yang menukar sampahnya di SABIJU LIBER akan punya buku tabungan sendiri dan setiap kali penukaran sampah akan dibuatkan slip setorannya dan langsung dimasukkan kedalam buku tabungan. Bank Sampah SABIJU LIBER bersifat mandiri, jadi tidak ada menjalin kerja sama dengan pihak Bank yang ada diKota Pariaman.

Untuk harga beli pada Bank Sampah SABIJU LIBER sedikit tinggi dari pembeli barang bekas lainnya. Ini bertujuan agar masyarakat bersedia menukar sampahnya di Bank Sampah ini. Harga beli tidak pernah tetap, selalu berubah – ubah sesuai pasaran pengumpul dan pengumpul Bank sampah SABIJU LIBER sengaja dipih yang berdomisili di Kota Pariaman.

SABIJU LIBER diluncurkan pada Tahun 2016 namun sempat tutup karna tidak adanya pelanggan yang tukar sampahnya. Setelah gencar dilakukan sosialisasi ke Desa – Desa, pada Tahun 2017 kembali aktif sampai sekarang. Namun belum terlalu naik peminat masyarakat dari tahun – tahun sebelumnya. Mungkin karena kasibukan mereka dan tidak sempat mengantarkan ke Dinas Perkim dan LH Kota Pariaman.

Pelanggan Bank Sampah rata – rata masih dari petugas kebersihan Kota Pariaman, namun kami akan selalu mensosialisasikan Bank Sampah ini dengan cara sosialisasi bersama pihak Desa/ Kelurahan, mendirikan stand Bank Sampah SABIJU LIBER apabila ada event – event besar diKota Pariaman.

Ia berharap agar masyarakat lainnya yang belum menjadi pelanggan Bank Sampah SABIJU LIBER agar segera berlangganan sehingga tidak terlalu banyak sampah yang menumpuk dirumah.SABIJU LIBER Sampah Jadi Uang Lingkungan Bersih dan Kita Sehat Sekeluarga.(dhewie)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • SSB Tabuik Piaman Akan Ikuti MILO FOOTBALL CUP...
    20 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Dinas Sosial Kota Pariaman Tangani Kasus Orang Terlantar
    20 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Keindahan dan Kuliner Menjadi Daya Tarik Pantai Kata...
    20 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Naifa dan Reysha Juarai Lomba Balita Sehat Tingkat...
    20 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Siap Laksanakan Kejuaraan Sepatu Roda Tingkat...
    20 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Kafilah Kota Pariaman melaju di 19 Cabang Golongan...
    20 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Siaga dan Tanggap Bencana Gempa Tsunami di Kota...
    19 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • BKKBN Sumbar lakukan pendampingan Program KKBPK di Kota...
    19 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison: Wawako Kontingen PKK Kota Pariaman Berikan Prestasi...
    19 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Mardison Mahyuddin Hadiri Sertijab Kepala Desa Palak...
    19 Juni 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Penerimaan Tenaga Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pemerintah...
    13 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Surat Edaran Penerimaan Mahasiswa Program Satu Keluarga Satu...
    27 Mei 2019
    Selengkapnya >>
  • Visi dan Misi Walikota dan Wakil Walikota Pariaman...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBANGUNAN SPORT CENTER KOTA PARIAMAN
    15 Mei 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Rekrutmen Calon Anggota Dewan Pendidikan_Perpanjangan
    24 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi PPPK
    8 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Pendaftaran Calon Anggota Dewan Pendidikan Kota Pariaman...
    15 Maret 2019
    Selengkapnya >>
  • Millenial Road Safety Festival
    1 Maret 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENUNDAAN PEREKRUTAN TENAGA TIK PEMERINTAH KOTA PARIAMAN
    13 Januari 2019
    Selengkapnya >>
  • LAPOR
    11 Januari 2019
    Selengkapnya >>