Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman


Tugu ASEAN yang terletak di Pantai Gandoriah Kota Pariaman

Juned | 19 April 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Bagi yang pernah datang ke Kota Pariaman, pasti tidak asing dengan Destinasi baru yang dibangun oleh Pemko Pariaman, yaitu Tugu Asean atau Asean Youth Park yang terletak antara Pantai Gandoriah dan Taman Anas Malik ini.

Tugu ASEAN ini sangat cocok untuk tempat foto bagi anak-anak mileniel yang hobi selfie, dan tempatnya yang strategis diantara 2 destinasi andalan kota pariaman, Pantai Gandoriah dan Taman Anas Malik, sehingga sangat tepat untuk bersantai atau sekedar foto-foto.

Tahukah anda, bagaimana sejarahnya Taman Pemuda Asean (Asean Youth Park) atau Tugu ASEAN ini didirikan. Nah, ini dia penjelasan dan sejarahnya.

Untuk menunjang Visi Kota Pariaman menjadi Kota tujuan wisata, Pemko Pariaman dan Pemuda Kota Pariaman, saling bersinergi dan bekerjasama untuk  mewujudkan hal tersebut.

Salah satunya yang digagas oleh Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Pariaman, dengan membuat program Asean Youth Tourism City, dimana program ini ditanda tangani oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dengan Presiden Majelis Belia Malaysia (MBM) pada waktu itu, Mohamed Maliki Muhamed Rapiee, pada tahun 2012 lampau.

Pada tahun 2012 tersebut, juga dibuat Youth Exchange and Study programme (YES), dimana program ini adalah saling berkunjung antara pemuda Kota Pariaman dengan pemuda malaysia , yang nanti puncaknya di Hari Belia Malaysia pada bulan Mei setiap tahunya, pemuda Kota Pariaman akan datang ke Malaysia.

Selanjutnya di tahun 2016,  DPD KNPI dan Karang Taruna, bekerjasama dengan MBM mendatangkan sebanyak 85 Pemuda Asean dan official yang berasal dari 6 negara Asean seperti Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Philipina, Thailand dan Laos, yang berkunjung ke Kota Pariaman selama 3 hari dari tanggal 12-14 Februari 2016.

Para Pemuda Asean ini disambut langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman di Pendopo rumah dinas walikota pariaman, sekaligus dijamu makan malam dan penampilan tari dan seni dari Kota Pariaman. Di hari kedua diadakan penanda tanganan Prasasti Pemuda Asean secara simbolis oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dan Presiden MBM, Mua’amar Qhadafi Jamal Jamaluddin, serta perwakilan Pemuda Asean di Taman Anas Malik.

Berdasarkan penandatangan prasasti tersebut, maka Pemko Pariaman membuat Asean Youth Park di tahun 2017, dimana dibangun tugu lambang ASEAN dan bendera negara-negara ASEAN sebagai latar belakangnya.

Diharapkan dengan dibangunnya Tugu ASEAN di Kota Pariaman, maka akan menjadi daya tarik bagi pemuda-pemuda di ASEAN untuk datang di Kota yang terkenal dengan pesta budaya Tabuiknya ini.

Nah, itulah sejarah dari Tugu ASEAN yang ada di Kota Pariaman, semoga dapat menambah pengetahuan kita. (J)

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pariaman Resilient Menjadi Inspirasi Kota se Asia Tenggara
    6 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • 3 Keltan Kota Pariaman dapat program Desa Mandiri...
    6 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Sidang Itsbat 14 Pasang Nikah Terpadu
    6 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • BP3MI Sumbar Gelar Sosialisasi Peluang Kerja Luar Negeri...
    6 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • Sekdako Pariaman Buka Workshop Peningkatan Kapasitas dan Aktualisasi...
    6 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • Desa Kampung Gadang Padusunan, Gelar Sekolah Lapangan tanam...
    5 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Dapat Hibah Mobil Damkar Dari Provinsi...
    5 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • Atasi DBD, Yota Balad Instruksikan Lakukan PSN 3M...
    5 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • Wako Genius Umar Teken MoU dengan BP2MI Untuk...
    5 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
  • DP3 Kota Pariaman usulkan 3 (tiga) Pokdakan mendapat...
    5 Oktober 2022
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN