Siaga dan Tanggap Bencana Gempa Tsunami di Kota Pariaman, BMKG Padangpanjang Adakan Sekolah Lapang Geofisika 2019


Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin berfoto bersama dengan Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Kepala Stasiun BMKG Padangpanjang, Irwan Slamet selaku pelaksana kegiatan, Kepala Bidang Tsunami BMKG, Tiar Prasetya, Kepala stasiun BMKG se Sumatera Barat, Forum Mesjid Peduli Bencana Kota Pariaman, Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Pariaman dan Sekretaris BPBD Kota Pariaman saat kegiatan Sekolah Lapang Geofisika Tahun 2019 yang diadakan oleh Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padangpanjang di Hotel Safari Inn Pariaman, Rabu (19/6/2019)

Erwin | 19 Juni 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, membuka kegiatan sosialisasi Sekolah Lapang Geofisika Tahun 2019 yang diadakan oleh Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padangpanjang, Rabu (19/6/2019) dengan tema membangun masyarakat Kota Pariaman, siaga, tanggap, tangguh, dan tawakal menghadapi ancaman bencana gempa dan tsunami.

Sosialisasi dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, Kepala Stasiun BMKG Padangpanjang, Irwan Slamet selaku pelaksana kegiatan, Kepala Bidang Tsunami BMKG, Tiar Prasetya, Kepala stasiun BMKG se Sumatera Barat, Forum Mesjid Peduli Bencana Kota Pariaman, Ketua Forum Pengurangan Resiko Bencana Kota Pariaman dan Sekretaris BPBD Kota Pariaman.

Wawako dalam sambutannya mengatakan atas nama Pemko Pariaman kami mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya atas kepercayaan kepala BMKG memilih Kota Pariaman sebagai tempat pelaksanaan kegiatan sekolah lapang gempa bumi tahun 2019.

" Dalam rangka pengurangan resiko bencana, Kota Pariaman juga telah banyak berbuat, mengingat tingginya resiko bencana gempa tsunami dan bencana lainnya yang mengancam wilayah Kota Pariaman ", ujarnya.

" Memberikan perlindungan atas bencana bagi warga masyarakat, pemerintah terus melakukan terobosan inovatif sebagai upaya antisipatif melalui kebijakan-kebijakan konkrit, antara lain dengan diterbitkannya UU Nomor 24 Tahun 2007  tentang penanggulangan bencana ", sambung dia.

Ia menjelaskan bahwa proses penyelenggaraan penanggulangan bencana terdiri dari tiga tahapan yakni pra-bencana, saat tanggap darurat dan pasca bencana. Untuk pengurangan resiko bencana Pemko Pariaman juga telah melakukan beberapa program kegiatan mitigasi bencana, diantaranya melakukan pengukuran ketinggian daerah dan mempublikasikannya, membuat peta evakuasi, membangun dan memperbaiki ruas jalan yang mendukung akses evakuasi, melakukan simulasi.

Selanjutnya, memfasilitasi pembentukan organisasi dan lembaga penanggulangan bencana berbasis masyakarat, forum mesjid peduli bencana Kota Pariaman, forum pengurangan resiko bencana (FPRB). Kemudian, melatih relawan siaga bencana lebih kurang 1400 orang yang tersebar di 71 desa dan kelurahan Kota Pariaman.

Pemko Pariaman juga telah menjalin kerjasama dengan organisasi kepemudaan, lembaga sosial dan lembaga komunitas dalam penanggulangan bencana antara lain BMKG, PMI, TAGANA, ORARI, RAPI, dll.

Kota Pariaman ada sepuluh macam bencana yang berpotensi melanda, lebih kurang 12,7 km panjang pantai di Kota Pariaman ditempati penduduk yang sangat padat. Kemudian, ditinjau dari bahaya bencana gempa berpotensi tsunami lebih kurang 2/3 penduduk Kota Pariaman rentan terhadap bahaya bencana tersebut.

Untuk itu Pemerintah Kota Pariaman mengimbau mari kita bekerjasama untuk melakukan upaya pengurangan resiko semaksimal mungkin.

Sosialisasi ini diadakan selama dua hari dari tanggal 19 s/d 20 Juni 2019 bertempat di Hotel Safari Inn Pariaman. (Erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Rapat Koordinasi PKH 2019, Mardison : Pelaksanaan PKH...
    23 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Pembangunan Pasar Pariaman Memasuki Tahap Lelang
    23 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Yuni Butuh Modal Untuk Usaha Rajutan Jaringnya
    23 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Kejari Pariaman Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 Tahun...
    22 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Ratusan Guru PAUD, SD Ikuti Seminar SB3 (Satu...
    20 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Silaturrahim Akbar PKDP Pusat Siap Dukung Pembangunan Kota...
    20 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Bimtek Sinkronisasi Perencanaan dan Penganggaran...
    20 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Bunda PAUD Kota Pariaman Telah di Kukuhkan
    20 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Pelepasan Pemberangkatan JCH Kota Pariaman Berlansung Lancar
    19 Juli 2019
    Selengkapnya >>
  • Melati Kajai Satu-Satunya Di Kota Pariaman
    19 Juli 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Contoh Surat Lamaran Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Pembukaan Program Magister Fakultas Ilmu Sosial (FISIP)...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Penundaan Pengumuman Hasil Tes Kompetensi Penerimaan Tenaga TIK...
    27 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL TES KOMPETENSI DASAR PENERIMAAN TENAGA TEKNOLOGI...
    26 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • DENAH LOKASI FESTIVAL PESONA GANDORIAH
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • PETUNJUK TEKNIS FESTIVAL LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • FORMULIR FESTIVAL LOMBA LAGU MINANG
    25 Juni 2019
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Calon Tenaga TIK Pemko...
    21 Juni 2019
    Selengkapnya >>