Sosialisasikan anak-anak untuk gemar makan ikan, Ketua Forikan Kota Pariaman kunjungi TK di Kota Pariaman


Ketua Forikan Kota Pariaman, Ny. Lucy Genius bersama dengan Kepala DP3 dan Kadis Kesehatan beserta jajaranya masing-masing ketika memberikan sosialisasi Gemarikan kepada anak-anak TK ABA Desa Apar, Selasa (17/9/2019)

Juned | 17 September 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Ikan banyak mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh, dan meningkatkan kecerdasan anak. Untuk mensosialisasikan anak-anak agar gemar makan ikan, Ketua Forum Peningkatan Konsumen Ikan Nasional (Forikan) Kota Pariaman, Ny. Lucy Genius kunjungi beberapa Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di Kota Pariaman, Selasa (17/9/2019).

Ada 2 TK yang dikunjungi beliau, yaitu TK Aisyiah Bustanul Adhfal (ABA) Desa Apar dan TK Harapan Bangsa Desa Sikapak Barat, dan didampingi Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan (DP3) dan jajaran serta Dinas Kesehatan Kota Pariaman beserta jajarnya.

Ny. Lucy Genius mengatakan bahwa ikan tidak hanya kaya akan protein saja, tetapi juga sangat baik untuk perkembangan kecerdasan anak, apalagi anak-anak yang baru menginjak usia TK.

“Guna mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan), kita juga menyasar mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Hal ini kita lakukan karena daerah kita pesisir pantai, tetapi tingkat konsumsi makan ikan kita masih sangat rendah dibandingkan daerah lainya”, ucapnya.

Lebih lanjut istri Walikota Pariaman ini juga mengatakan bahwa untuk meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat harus dimulai sejak dini, itulah kenapa perlu dilakukan sosialisasi kepada anak-anak PAUD/TK. Anak-anak adalah aset yang sangat berharga, kualitas mereka akan menjadi penentu masa depan daerah bahkan bangsa ini.

“Untuk itu, kita perlu menjaga anak-anak ini dengan baik, salah satunya lewat asupan gizinya, dengan mendidik mereka agar gemar makan ikan yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak, maka kita dapat menciptakan generasi yang sehat, cerdas dan tangguh di masa yang akan datang”, jelasnya.

Banyak orangtua saat ini menyediakan makanan yang instan dan cepat saji saja, padahal kualitas asupan gizi dan kesehatan makanan tidak diperhatikan. “Kadang juga orangtua hanya masak telor saja, yang gampang membuatnya dan tidak ada durinya, padahal ikan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang enak dan beragam, seperti dibikin bakso ikan, sop ikan, mpek-mpek, tekwan, dan olahan makanan lainya”, tutupnya.

Kepala DP3 Kota Pariaman, Dasril mengatakan disamping menunjang kesehatan dan kecerdasan, Gemarikan juga akan mampu membawa dampak bagi peningkatan perekonomian masyarakat. Karena, jika makin banyak orang yang gemar makan ikan, tentu kebutuhan akan ikan juga ikut meningkat.

“Dengan tingginya permintaan akan ikan, tentu akan berimbas kepada nelayan dan para petani ikan di Kota Pariaman, sehingga mereka semakin bersemangat dalam menjalankan usahanya dan meningkatkan produksinya”, ucapnya.

Tidak hanya itu, sambung Dasril, melalui program Gemarikan ini, pemerintah juga ingin mendorong bertumbuhnya usaha-usaha kecil yang memproduksi dan mengolah berbagai makanan berbahan dasar ikan, yang dapat menjadi mata pencarian baru bagi masyarakat, ulasnya. Pihaknya juga membagikan makanan olahan ikan, berupa Tekwan kepada anak-anak dari 2 TK ini.

Pada kesempatan ini, Ketua TP PKK Kota Pariaman ini juga membagikan masker kepada anak-anak TK dan orangtua murid yang datang, berhubung dengan tingkat kualitas udara di Kota Pariaman yang terpapar kabut asap yang datang dari Provinsi tetangga, akibat kebakaran hutan yang kian meluas. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pemko Pariaman Gelar Rapat Tim Terpadu dan Kawasan...
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Tandatangani MoU dengan GI
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Indeks SPBE Kota Pariaman Meningkat Di Tahun 2020
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • BPBD Gelar Rapat Persiapan Jelang Apel Siaga Bencana
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Realisasi Investasi untuk Gerakkan...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Dana Daerah Masih Banyak Mengendap, Presiden Jokowi "Jangan...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Presiden RI Joko Widodo, Genius Umar Hadiri...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Masuk Nominasi Penilaian Kalpataru tingkat Sumbar...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Millenial Beach Runner Warnai Wisata Kota Pariaman
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Desa Tungkal Selatan Segera Bangun Sistem Sanitary Landfill
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN SAYEMBARA MERANCANG ALAT TTG
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN...
    14 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 2 Penjabaran PERDA APBD Kota Pariaman Tahun...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 2 PERDA APBD Kota Pariaman Tahun Anggaran...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 1 Penjabaran PERDA APBD Kota Pariaman Tahun...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 1 PERDA APBD Kota Pariaman Tahun Anggaran...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • PEMBERITAHUAN PELAKSANAAN SELEKSI TERBUKA  JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA...
    30 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • HIMBAUAN WALIKOTA PARIAMAN
    28 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) PENGADAAN...
    24 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Pemko Pariaman
    22 Januari 2020
    Selengkapnya >>