Sukseskan Sejuta Akseptor, DP3AKB Gelar Pelayanan KB serentak


Walikota Pariaman, Genius Umar, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, menyaksikan langsung dan bertanya kepada petugas pelayanan KB Serentak ini, bertempat di UGD Puskesmas Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (24/6/2021).

Juned | 24 Juni 2021

Kominfo Kota Pariaman --- Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman, Gelar pelayanan KB serentak sejuta akseptor dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang jatuh pada tanggal 29 Juni 2021 mendatang.

Kegiatan ini disaksikan langsung oleh Walikota Pariaman, Genius Umar, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Kepala DP3AKB Kota Pariaman, Nazifah, beserta jajaran, dan Petugas UPT Puskesmas Kuraitaji dan Dinas Kesehatan sebagai petugas pelayanan KB Serentak ini, bertempat di UGD Puskesmas Kuraitaji, Kecamatan Pariaman Selatan, Kamis (24/6/2021).

“Pelaksanakan pelayanan serentak sejuta akseptor yang digagas oleh DP3AKB Kota Pariaman adalah agar kebutuhan akan alat kontrasepsi bagi pasangan usia subur bisa terpenuhi, hal ini juga dimaksudkan untuk melindungi kehamilan yang tidak diinginkan atau kehamilan yang beresiko, apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat ini," ujar Genius Umar.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke 28, dimana bertujuan bagaimana menciptakan keluarga yang sejahtera dan pengetahuan akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan dalam membangun bangsa dan negara.

Genius Umar menuturkan, pada Tahun 2020 yang lalu, Kota Pariaman dalam pelayanan KB serentak, mencapai 325 Persen Target Akseptor Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), dan menjadi Peringkat Pertama di Sumatera Barat, dari target sebanyak 178 akseptor yang ditetapkan, Kota Pariaman mencapai 586 akseptor, yang artinya lebih 3 kali lipat, ulasnya.

"Akseptor MKJP untuk Pasangan Usia Subur (PUS), yang salah seorang dari padanya menggunakan salah satu alat kontrasepsi jangka panjang, dimana untuk Tahun 2021 ini, Kota Pariaman ditargetkan sebanyak 234 Akseptor, dan kita di Kota Pariaman, akan berupaya untuk mencapai hal tersebut, dan akan selalu berusaha menjadi yang terbaik setiap tahunya," tutup Genius Umar yang tahun 2020 lalu ini, menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari BKKBN Pusat.

MKK merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh BKKBN kepada pihak yang berdedikasi tinggi terhadap program kependudukan maupun pembangunan keluarga, karena Walikota Pariaman Genius Umar dinilai telah berhasil dan mampu mendukung program kependudukan, keluarga berencana serta pembangunan keluarga di Kota pariaman.

Sementara itu Kepala DP3AKB Kota Pariaman, Nazifah mengatakan bahwa Pelayanan KB serentak ini, terdiri dari pelayanan IUD (Intra Uterine Device), Implan, Pil, Suntik dan Kondom, serta Metode Operasi Wanita (MOW), dimana untuk Kota Pariaman, ditargetkan oleh Provinsi Sumatera Barat sebanyak 234 Akseptor.

"Hari ini, pelayanan KB serentak bukan hanya di Kota Pariaman saja, tetapi juga dilaksanakan serentak di seluruh indonesia, dimana kegiatan ini dalam rangka memperingati Harganas ke 28 Tahun 2021, dan capaian target kita baru 65 persen, dikarenakan pandemi Covid-19, dan mulai hari ini sampai besok, kita akan buka pelayanan KB serentak ini, untuk mencapai target yang telah ditetapkan tersebut," ungkapnya mengakhiri. (J)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Wakil Walikota Pariaman Sampaikan Jawaban Pandangan Umum Fraksi...
    21 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Wakil Walikota Pariaman Dengarkan Pandangan Fraksi Tentang RAPBD...
    21 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar “Lokakarya Tingkat Kota” Program Kotaku...
    21 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Walikota Pariaman Sampaikan Nota Keuangan RAPBD Perubahan TA...
    20 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Pimpin Apel Sertijab Polpp dan Damkar, Genius Umar...
    20 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Apresiasi Suksesnya Iven Trail JAPA-X2 di Desa...
    19 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar : Inginkan Seluruh Desa Di Kota...
    19 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin Lepas Event Trabas JAPA-X2 2021 di...
    19 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Gubernur Sumbar, Genius Umar sambut baik Pertandingan...
    19 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Bagaimana Kesiapan AN Pengganti UN di Kota Pariaman?...
    17 September 2021
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Lokasi Ujian Mandiri BKN Pengadaan CASN Kota Pariaman...
    13 September 2021
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN DAN PEMBAGIAN SESI SELEKSI KOMPETENSI...
    7 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi Setelah Sanggah Pengadaan...
    19 Agustus 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Tentang Penundaan Hasil Sanggah Seleksi Administrasi Calon...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Ralat Pengumuman Walikota Pariaman
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PRA SANGGAH PENGADAAN CALON APARATUR...
    2 Agustus 2021
    Selengkapnya >>
  • Ralat Pengumuman Akreditasi
    23 Juli 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perbaikan CPNS Kota Pariaman Tahun 2021
    12 Juli 2021
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN CPNS KOTA PARIAMAN 2021
    30 Juni 2021
    Selengkapnya >>
  • PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM SAGA SAJA
    22 April 2021
    Selengkapnya >>