Tabuik Naiak Pangkek, Walikota Pariaman “ Cerminan Gotong Royong dan Kebersamaan “


dewi | 15 September 2019 | DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA

Kominfo Kota Pariaman---Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman Tahun 2019 memasuki prosesi Tabuik Naiak Pangkek. Prosesi tersebut dilaksanakan di Simpang Tabuik untuk Tabuik Subarang dan Depan Plaza Pariaman untuk Tabuik Pasa. Kedua Tabuik tersebut mulai keluar dari tempat pembuatannya tepat pukul 06.00 Wib Minggu (15/9).

Walikota Pariaman Genius Umar yang menyaksikan secara langsung prosesi Tabuik Naiak Pangkek memberika apresiasi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak dan anak tabuik yang sampai saat ini masih bersemangat dalam mensukseskan Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2019.

“ Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kekompakan kita semua sehingga pagi ini kita berhasil menyaksikan tabuik naiak pangkek. Tabuik naiak pangkek artinya menggabungkan dua bagian menjadi satu. Ini sebenarnya cerminan dari Pemerintah Daerah dan Masyarakat Kota Pariaman yang secara bergotong royong dan penuh kebersamaa untuk mendukung kemajuan daerah, “ ungkapnya.

Tabuik Naik Pangkek sendiri memiliki makna persatuan. Prosesi ini seperti melambangkan kesatuan walaupun terdiri dari bermacam suku, bahasa, agama, keturunan tetapi tetap satu kesatuan. Seusai prosesi Tabuik Naik Pangkek dilaksanakan, anak tabuik tersebut langsung menyelesaikan pemasangan kelengkapan tabuik yang lain.

“ Saya harap hingga prosesi tabuik dibuang kelaut nanti, kita semua tetap selalu kompak dan tidak terpengaruh dengan pancingan – pancingan pihak lain yang bisa mengganggu suksesnya Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman 2019, “ terangnya.

Sementara itu Ketua Tabuik Subarang Husni Thamrim, disela – sela kegiatannya mengatakan bahwa Tabuik Subarang selesai melakukan prosesi Naiak Pangkek  pukul 08.05 Wib. Berbeda dengan biasanya kali ini Naiak Pangkek dilakukan secara bersamaan dengan pemasangan bungo salapan.

“ Agar tidak memakan waktu lama, kami melakukan Naiak Pangkek sekaligus dengan pemasangan bungo salapan. Ini sudah kita perhitungkan dan alhamdulillah tepat pukul 08.05 Wib, Tabuik Subarang berdiri dengan kokoh di Simpang Tabuik diiringi dengan alunan gandang tasa dan semangat pengunjung, “ ungkapnya yang sudah menjadi Ketua Tabuik Subarang sejak Tahun 2004.

Tabuik Subarang merupakan tabuik dari Kenagarian V Koto Air Pampan yaitu terdiri dari 12 Desa/Kelurahan  antara lain Desa Pauh Barat, Pauh Timur, Kp.Pondok, Rawang, Kp.Jawa 1, kp.Jawa 2, Pondok 2, Jawi – Jawi 1, Jawi – Jawi 2, Gelombang, Taratak dan Kp.Baru dengan ciri khas tabuiknya untuk Buraq berwarna maron dan ekor sayap bertuliskan V Koto Air Pampan.

Lain lagi caranya dengan Tabuik Pasa. Ketua Tabuik Pasa Firman Zuri Darabmengatakan bahwa anak tabuik dan Niniak Mamak untuk Tabuik Pasa berjumlah 105 orang. Prosesi Naiak Pangkek Tabuik Pasa selesai pada pukul 06.45 Wib. Kegiatan anak tabuik selanjutnya yaitu memasang bungo salapan dan melengkapi hiasan lainnya.

“ Tabuik Pasa yang berdiri di depan Plaza Pariaman ditandai dengan warna buraq hitam dan tulisan pada ekor Buraq Pasar Sepakat, “ ungkapnya yang sudah menjadi Ketua Tabuik sejak Tahun 2010.

Seperti diberitakan sebelumnya, kedua tabuik akan mulai berjalan keMuaro Pariaman pukul 14.00 Wib yang diiringi dengan 4 (empat) tabuik kecil dari 4 (empat) kecamatan di Kota Pariaman. Iringan Tabuik akan diawali dengan Tabuik Subarang melewati Simpang Amadin disusul Tabuik Subarang dan kedua Tabuik akan dipertemukan di depan panggung utama Pesona Budaya Hoyak Tabuik Piaman Tahun 2019 dipelataran Parkir Monumen Tugu TNI AL Muaro Pariaman.(dewi lestari)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pemko Pariaman Gelar Rapat Tim Terpadu dan Kawasan...
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Tandatangani MoU dengan GI
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Indeks SPBE Kota Pariaman Meningkat Di Tahun 2020
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • BPBD Gelar Rapat Persiapan Jelang Apel Siaga Bencana
    21 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Realisasi Investasi untuk Gerakkan...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Dana Daerah Masih Banyak Mengendap, Presiden Jokowi "Jangan...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Presiden RI Joko Widodo, Genius Umar Hadiri...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Masuk Nominasi Penilaian Kalpataru tingkat Sumbar...
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Pariaman Millenial Beach Runner Warnai Wisata Kota Pariaman
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Desa Tungkal Selatan Segera Bangun Sistem Sanitary Landfill
    20 Februari 2020
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN SAYEMBARA MERANCANG ALAT TTG
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN...
    14 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 2 Penjabaran PERDA APBD Kota Pariaman Tahun...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 2 PERDA APBD Kota Pariaman Tahun Anggaran...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 1 Penjabaran PERDA APBD Kota Pariaman Tahun...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • Lampiran 1 PERDA APBD Kota Pariaman Tahun Anggaran...
    6 Februari 2020
    Selengkapnya >>
  • PEMBERITAHUAN PELAKSANAAN SELEKSI TERBUKA  JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA...
    30 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • HIMBAUAN WALIKOTA PARIAMAN
    28 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN SELEKSI KOMPETENSI DASAR (SKD) PENGADAAN...
    24 Januari 2020
    Selengkapnya >>
  • Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama Pemko Pariaman
    22 Januari 2020
    Selengkapnya >>