TERAPKAN KONSTRUKSI BANGUNAN RAMAH GEMPA, BPBD KOTA PARIAMAN LATIH SISWA SMK 1 DAN SMK 4 JURUSAN BANGUNAN


Peserta melakukan praktek pembangunan rumah ramah gempa pada salah satu rumah warga di Desa Cubadak Air, Kecamtan Pariaman Utara

eri | 19 Maret 2019 | Dinas Komunikasi dan Informatika

Kominfo Kota Pariaman---Untuk meningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)  dalam terapan konstruksi bangunan ramah gempa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pariaman mengadakan sosialisasi penerapan kontruksi bangunan ramah gempa di Aula BPBD Kota Pariaman yang pembukaannya dilaksanakan Senin (18/3).

“ Sosialisasi ini diikuti oleh 60 siswa SMK 1 dan siswa SMK 4 Kota Pariaman Jurusan Bangunan untuk angkatan pertama dan kedua, namun yang mengikuti pelatihan saat ini baru angkatan pertama sebanyak 30 orang dan angkatan kedua rencananya akan dilaksanakan pada 9 april 2019 mendatang, “ ungkap Plt.Kepala Seksi Rehabilitasi BPBD Kota Pariaman Haris Mendra.

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari, namun untuk teori hanya dilakukan satu hari dan tiga hari lainnya praktek langsung ke lapangan yaitu memperbaiki rumah warga yang kurang mampu dan untuk hangkatan pertama ini  dilakukan di Desa Cubadak Air Kecamatan Pariaman Utara.

“ Untuk narasumbernya kita sengaja menghadirkan dosen – dosen dan guru besar jurusan teknik sipil Fakultas Teknik UNAND agar adik – adik dari SMK ini bias mendapatkan ilmu – ilmu yang diberikan dan bias menerapkannya setelah dilapangan dan bermanfaat setelah tamat nanti, “ tambahnya.

Sosialisasi ini sengaja dilaksanakan bertujuan agar masyarakat paham bagaimana cara membangun rumah yang ramah gempa dengan biaya yang murah karena selama ini mindset kita sebagai masyarakat awam kan bangunan yang tahan gempa itu mahal,ternyata tidak,ada caranya supaya bisa membangun bangunan ramah gempa dengan biaya yang murah.

Praktek pada pelatihan ini akan dilakukan selama tida hari dengan membangun rumah ramah gempa dan diawasi langsung oleh narasumber dan instruktur beserta guru pembimbing dari masing - masing sekolah.

Sementara untuk bahan- bahan bangunan telah dianggarkan di DPA BPBD berupa pembelian bata, semen, pasir dan bahan umum lainnya untuk membuat bangunan.

“ Kita sengaja memilih peserta dari siswa karena nantinya siswa - siswa SMK jurusan bangunan inilah yang nantinya akan terjun langsung mempraktekkan ilmu yang dipelajari pada kegiatan ini dan seandainya mereka kuliah,mereka sudah paham dasar - dasar bangunan ramah gempa namun  seandainya mereka tidak melanjutkan kuliah,kemungkinan besar mereka akan jadi tukang bangunan,nah mereka juga sudah mempelajari teknik bangunan ramah gempa ini jadi mereka bisa menyarankan kepada pemilik rumah bagaimana bangunan yang ramah gempa, “ tutupnya.(dhewie)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN