Tingkatkan Komitmen Pelayanan Kepada Masyarakat, Genius Umar Tandatangani MoU dengan Menpan RB


Walikota Pariaman, Genius Umar

Rika | 2 Maret 2021

Kominfo Kota Pariaman --- Sebanyak 38 Bupati/Walikota se Indonesia malakukan penandatanganan Komitmen Penyelanggaraan Mall Pelayanan Publik  (MPP) Tahun 2021 bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (2/3/2020). 

Penandatanganan tersebut dihadiri oleh Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Sekretaris Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Anilta.

Menteri PANRB RI Tjahjo Kumolo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan di undang-undangkannya UU Cipta Kerja melalui Omnibuslaw ini, penjabaran reformasi birokrasi paling utama adalah pelayanan kepada masyarakat baik kementerian, instansi maupun pemerintah daerah serta mempercepat proses perizinan investasi. Dengan kedua hal ini pertumbuhan ekonomi didaerah juga harus dipacu agar cepat dan meningkat.

“Tujuan penandatanganan komitmen ini adalah wujud keseriusan kepala daerah dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui MPP,” ungkapnya.

Pembentukan MPP tentu memerlukan komitmen yang kuat dari kepala daerah sebagai kunci utama keberhasilan dan dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat secara berkelanjutan.

“Kita belum mencapai 100 dari 514 kabupaten/kota yang ada, bagaimana kita satu atap disetiap kabupaten/kota untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan mempercepat dalam memperpanjang KTP, akte kelahiran, akte kematian dan akte pindah dengan hitungan per menit”, ulasnya.

Menteri PANRB lebih lanjut menyebutkan dengan reformasi digitalisasi dalam mengurus dan memperpanjang yang berkaitan dengan pasport semakin cepat yang dilakukan Kementerian Hukum dan Ham. Hal yang sama juga dilakukan kepolisian dalam mengurus SKCK dan memperpanjang SIM.

“Ini lah sebuah bagian-bagian dalam proses percepatan maka fokus utama adalah pelayanan terhadap masyarakat”, tambahnya.

“Saya mengingatkan, siapun presiden, gubernur maupun bupati/walikota pasti punya impian. Pada prinsipnya reformasi birokrasi adalah bagian dari percepatan perizinan dan percepatan melayani masyarakat. Saya yakin Kepala Daerah juga mempunyai impian bagaimana mempercepat pelayanan terhadap masyarakat”, Sambungnya.

“Secara utuh kami membangun komitmen lewat Kepala Daerah semua untuk mempercepat proses pelayanan publik, dan diharapkan aparatur pemerintah juga memberikan pelayanan yang terbaik. Dan kami juga meminta instansi untuk meniru Kementerian Hukum dan HAM melalui reformasi digital dan dengan semakun membangun jaringan terkoneksi dan terintegrasi itu akan  cepat berjalan dengan baik”, tutupnya.

Sementara itu, Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan dengan di tandtangani MoU ini menunjukan komitmen yang kuat dari Kota Pariaman untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“PTSP Kota Pariaman memberikan pelayanan 135 jenis perizinan, dari 135 ini yang paling sering diurus oleh masyarakat adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), pengurusan baru atau perpanjangan Nomor Induk Berusaha (NIB), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK), Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) dan lain-lainnya. Semua perizinan ini menggunakan apliaksi SiCantik dari Kementerian Kominfo dan Aplikasi OSS dari Kemendagri”, ujarnya.

“Semua pengurusan perizinan ini gratis, kecuali IMB,  karena susuai perda dipungut pengurusan izinnya. Untuk pelayanan ketangakerjaan ada beberapa layanan diantara pelayanan pengurusan kartu kuning atau kartu pencari kerja, BKOL dan lainnya”, singkatnya mengakhiri. (rika)

 

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pemko Pariaman dan BBPOM Padang Pantau Pasar Pabukoan...
    15 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar : Kota Pariaman Siap Ikuti Kompetisi...
    16 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Bunda PAUD Kota Pariaman Ny Lucyanel Genius Serahkan...
    15 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Resmi Dilantik Genius Umar Sebagai Sekdako...
    15 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Dasril : Kota Pariaman Berpotensi Untuk Pengembangan Tanaman...
    15 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo Kunjungi Kawasan...
    14 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman serahkan beasiswa untuk 63 mahasiswa program...
    14 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Korban Kebakaran di Desa Rawang, Walikota Pariaman,...
    14 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Wakil Walikota Pariaman Langsung Meninjau Rumah Warga Korban...
    14 April 2021
    Selengkapnya >>
  • Walikota Pariaman Paparkan 6 Jurus Genius Pariwisata Kepada...
    13 April 2021
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Penetapan Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang masuk...
    8 Maret 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka JPT Pratama...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • SELEKSI TERBUKA PENGISIAN JABATAN PIMPINAN TINGGI PRATAMA SEKRETAR1S...
    25 Januari 2021
    Selengkapnya >>
  • Pemanggilan Seleksi Calon Pimpinan BAZNAS Kota Pariaman Periode...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • PENAWARAN KERJA SAMA MEDIA MASSA UNTUK TA 2021
    1 Desember 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Pemenang Kompetisi Foto Digital Majalah Tabuik Tahun...
    27 November 2020
    Selengkapnya >>
  • Perubahan Terbaru : Hasil Seleksi Calon Pegawai Negeri...
    23 November 2020
    Selengkapnya >>
  • PENCABUTAN SURAT EDARAN WALIKOTA PARIAMAN
    20 November 2020
    Selengkapnya >>
  • Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah...
    12 November 2020
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Seleksi Calon PNSD dari Formasi Umum...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>