Wakil Walikota Pariaman Dengarkan Pandangan Fraksi Tentang RAPBD Perubahan TA 2021


dewi | 21 September 2021

Kominfo Kota Pariaman---Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mendengarkan pandangan masing – masing fraksi tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (RAPBD-P) Kota Pariaman Tahun Anggaran 2021 yang pada sidang paripurna DPRD, Selasa (21/9) di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Pariaman.

“Paripurna DPRD pagi ini beragendakan penyampaian pandangan masing – masing fraksi terkait RAPBD-P Kota Pariaman Tahun Anggaran 2021 yang telah disampaikan oleh Walikota Pariaman Genius Umar tanggal 20 September 2021, “ ungkap Wakil Walikota Mardison Mahyuddin Pariaman usai mengikuti sidang.

Rapat dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Mulyadi dan diikuti oleh Sekdako Pariaman Yota Balad, Forkopimda Kota Pariaman, Asisten I Yaminurizal, Asisten II Elfis Candra, Kepala OPD, Camat dan seluruh anggota DPRD Kota Pariaman.

“Pandangan fraksi tersebut kita bahas kembali dan akan dilakukan sidang lanjutan dengan agenda paripurna penyampaian jawaban atas pandangan fraksi yang telah disampaikan tadi. Masing – masing fraksi mempunyai usulan yang bagus dan telah kita terima bersama. Ususlan tersebut sifatnya lebih membangun sehingga kedepannya Pemko Pariaman akan lebih baik lagi, “ tambahnya.

Beberapa pandangan fraksi yang disampaikan antara lain dari Fraksi Golkar Efrizal menyampaikan bahwa proyeksi atau perkiraan capaian yang terdapat pada unit kerja Pemerintahan merupakan suatu gambaran yang berkaitan langsung dengan realisasi kegiatan. Realisasi kegiatan tersebut merupakan tujuan akhir dari pelaksanaan proyeksi tersebut.

“Kami dari fraksi Golkar sangat memahami kondisi yang dialami oleh Pemerintah Daerah yang terjadi saat ini. Berbagai upaya telah dilakukan dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat maupun bagi Pemerintahan itu sendiri. kami berharap Pemerintah Kota untuk melakukan penghematan secara tepat dengan mengidentifikasi kebutuhan prioritas yang mengutamakan kepentingan masyarakat yang menyangkut keberlangsungan pelayanan umum serta pembangunan infrastruktur publik, “ ungakpnya.

Dari fraksi Gerakan Indonesia Raya Harpen Agus Bulyandi mengatakan bahwa dalam pembahasan RAPBD Perubahan tahun 2021, fraksi gerindra mengusulkan adanya kenaikan honor guru mengaji seperti yang telah fraksi gerindra sampaikan dalam pandangan akhir pada KUA-PPAS beberapa waktu lalu.

“Fraksi Gerindra menilai hal ini amatlah penting karena fraksi gerindra dan kita semua tau dan yakin bahwa pendidikan Agama Di surau/MDTA adalah modal awal yang kuat untuk membentuk karakter, membentengi dan menghindari anak-anak kota pariaman dari pengaruh Negatif yang datang dari segala penjuru, “ ujarnya.

Dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan Asman menyampaikan bahwa terkait dengan rendanhnya realisasi pajak daerah, mengingat Tahun Anggaran 2021 hanya efektif 3 (tiga) bulan lagi, agar Pemko Pariaman melalui OPD terkait lebih giat dan meningkatkan kinerjanya sehingga penerimaan PAD memalui pajak dan retribusi daerah dapat terealisasi secara maksimal.

Riko Saputra Zein dari Fraksi Bulan Bintang Nurani saat memberikan pandangan mengatakan bahwa dalam Rancangan APBD Perubahan (RAPBD-P) Tahun Anggaran 2021 ini sangat penting kiranya mendukung kegiatan-kegiatan pengembangan ekonomi masyarakat. Kegiatan-kegiatan yang terkait dengan pelatihan ketrampilan ekonomi, pengembangan produk lokal berbasis daerah agar dapat direalisasikan dilaksanakan, sehingga nantinya muncul produk-produk lokal yang dapat dipasarkan ke luar daerah Pariaman, bahkan pasar luar negeri.

Fraksi Nasional Demokrak M. Taufik mengatakan dalam penyusunan R-APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021, Pemerintah Daerah juga harus memperhatikan prinsip-prinsip dari efesiensi dan efektifitas anggaran, serta ekonomis dan tepat sasaran yang mengacu pada capaian kemampuan pelaksanaan kinerja dari aparatur Pemerintahan.

“Jangan sampai dengan terjadinya pergeseran atau perubahan anggaran, capaian dari pelaksanaan kinerja aparatur menjadi rendah, “ tutupnya.

Pandangan lainnya dari Fraksi kedailan Demokrat M.Yasin mengatakan bahwa menyikapi penurunan pendapatan Kota Pariaman yang cukup signifikan, maka Fraksi Keadilan Demokrat menyarankan agar Walikota dan Wakil Walikota Pariaman memacu terus peningkatan PAD sehingga dari keempat sektor penyumbang PAD yang ada saat ini , seluruhnya surplus bukan justru malah minus.

Pada kesempatan terakhir usai mendengarkan seluruh pandangan fraksi, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin menerima nota pandangan fraksi terssebut yang diaserahkan langsung oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Mulyadi.(dewi lestari)

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Ribuan masyarakat Ramaikan Shalat Idul Fitri 1445 H/2024...
    10 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Walau diguyur hujan, Pemko Pariaman tetap gelar Takbiran...
    9 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman mulai pengerjaan kanal penyelamatan Eks KRI...
    5 April 2024
    Selengkapnya >>
  • SDN 21 Jalan Kereta Api Gelar Peringati Nuzul...
    4 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>