Wako Genius Umar dan Tiga Kepala Daerah Lainnya, Terima Penghargaan Presiden


Juned | 13 Desember 2022

Kominfo Kota Pariaman, Wakatobi --- Wali Kota Pariaman , Genius Umar dan tiga kepala daerah lainnya di Indonesia, menerima penghargaa Satyalancana Wira Karya, bidang pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan dari Presiden RI, Joko Widodo.

Tanda penghargaan Presiden ini, disematkan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia,  pada peringatan puncak Hari Nusantara Tahun 2022, di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Selasa (13/12).

Bahlil dalam sambutannya menyampaikan bahwa Indonesia adalah negara maritim, dan Hari Nusantara merupakan hari penting, dimana pada tanggal 13 desember ini, ditandatangani Deklarasi Djuanda.

“Deklarasi ini menjadikan laut Indonesia lebih luas dari 3 mil menjadi 12 mil laut sehingga potensi kelautan kita semakin luas,” ujarnya.

Peringatan yang mengangkat tema “Penguatan Ekonomi Maritim melalui Kolaborasi Investasi Berkelanjutan untuk Infonesia Bangkit Lebih Kuat” ini, lebih jauh dijelaskan Bahlil bahwa ekonomi maritim merupakan ekonomi biru yang berkelanjutan bagi anak cucu kita, oleh sebab itu, kita harus menyiapkan SDM generasi muda dan terus menjaga potensi maritim Indonesia, terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman,  Genius Umar, usai penyematan tanda penghargaan  mengatakan, bahwa Kota Pariaman melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) bidang kelautan dan perikanan serta berhasil mengoptimalkan kawasan pesisir perkotaan melalui program pengembangan kawasan ekowisata bahari berkelanjutan dan waterfront city, sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesadaran masyarakat pada lingkungan, sesuai dengan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia, Nomor 123/TK/Tahun 2021, tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya ini.

“Kedua program unggulan ini, telah mengantarkan Kota Pariaman menerima penghargaan tersebut, tentunya itu berkat kerja keras dan kerjasama pemerintah dan masyarakat Kota Pariaman, Presiden RI melalui pemerintah pusat, telah mengakui Sagasaja dan Waterfront City, mampu menghasilkan SDM dibidang perikanan dan kelautan, pelestarian lingkunngan serta  meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman,” sambungnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, sesuai dengan tema peringatan Hari Nusantara ini, Kota Pariaman telah menyiapkan ekonomi biru yang berkelanjutan di Kota Pariaman.

“Kita telah memanfaatkan potensi maritim dan lingkungan di Kota Pariaman tanpa merusak lingkungan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya mengakhiri. (eri)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • BPK Periksa LKPD Kota Pariaman TA 2022
    31 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • Serahkan Bantuan Hibah untuk Tiga Organisasi Resmi, ini...
    31 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • Merasa Terenyuh, Wawako Mardison Bantu Pendi warga Kelurahan...
    30 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • Genius Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Rumah
    30 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Membuat Pedestrian Hutan Kota di Sikapak...
    30 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Ajak OPD Peka Dengan Isu Yang...
    30 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • KPRI Pendakar Kota Pariaman Gelar RAT Tahun Buku...
    28 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • Indo Jalito Peduli Bantu Bedah Rumah Masyarakat Kota...
    26 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • Wakil Ketua TPPS Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius,...
    25 Januari 2023
    Selengkapnya >>
  • Tingkatkan Kedisplinan ASN, Wawako Mardison Pimpin Apel di...
    25 Januari 2023
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN