Walikota Pariaman Evaluasi Pemahaman Kepala Dinas terkait SAKIP, RB dan Inovasi OPD


Erwin | 12 September 2022

Kominfo Kota Pariaman - Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengevaluasi kinerja masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rapat coffe morning dengan Kepala OPD terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) dan Inovasi OPD di Ruang Rapat Walikota Pariaman, Balaikota Pariaman, Senin (12/9/2022).

Dalam rapat tersebut, Wako Genius mengevaluasi sejauh mana pemahaman pimpinan OPD terhadap pelaksanaan SAKIP dan RB dan sejauh mana implementasinya serta mengevaluasi kesiapan OPD jelang penilaian hari Kamis tanggal 15 September 2022 besok.

Genius Umar menegaskan, keterlibatan pimpinan OPD untuk penilaian SAKIP dan RB ini memiliki peran yang sangat penting. 

"Pemahaman kepala OPD masih rendah, makanya hari ini kita lakukan rapat evaluasi, sehingga mereka paham dan memiliki kepemilikan kinerja terhadap apa yang menjadi kinerja utama dari masing-masing OPD ," tukas Genius.

Wako juga menambahkan, Kota Pariaman akan mengikuti kompetisi Inovation Government Award (IGA) 2022. Tahun kemarin Kota Pariaman masuk 10 besar kota terinovatif ditingkat nasional. Kita berharap ditahun ini lebih baik dari sebelumnya minimal kita pertahankan.

"Hingga saat ini input inovasi OPD dalam aplikasi IGA Kemendagri masih dibawah 40 persen. Ada beberapa indikator wajib dalam penilaian tersebut yaitu, SK tim inovasi, kerangka acuan kerja (kak), vidio inovasi, dokumen bukti penerima manfaat inovasi ," tutur Sekretaris Kepala Bappeda Kota Pariaman, Yalviendri.

Semua SK tim inovasi tersebut paling lambat dikumpulkan hari Selasa 13 September 2022 sudah harus ditandatangani oleh Walikota. Semua dokumen  indikator sudah dibuat dan diinput paling lambat tanggal 14 September 2022. Masing-masing kepala OPD bertanggungjawab untuk memastikan semua inovasi OPD diinput dengan benar dan lengkap.

Bappeda memverifikasi dokumen inovasi pada tanggal 15 September 2022, masing-masing kepala OPD beserta staff  harus stanby memperbaiki dokumen sesuai dengan verifikasi tim inovasi Bappeda. Selanjutnya, Bappeda menyampaikan laporan tindaklanjut inovasi dari OPD kepada Walikota pada hari Jumat tanggal 16 September 2022. (erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Bersihkan Genangan Air di Pinggir Jalan, Genius Umar...
    27 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar dan Rombongan Pemko Pariaman, silaturahmi dengan...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Ikuti Sarasehan Nasional Istri Wali Kota se Indonesia...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Target Dua Juta Pengunjung, Pemko Pariaman Launching CoE...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Ikut bermain Futsal, Genius Umar ajak generasi muda...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Tantang SMA N 2 Untuk Buat Event...
    26 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Berikan Bantuan Ayam Hasil Pokir Dewan
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • 4507 KPM di Kota Pariaman Terima BLT BBM,...
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Lepas Kontingen PGRI Kota Pariaman
    25 November 2022
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin Apresiasi Dusun Padang Tampaik, Desa Marunggi...
    23 November 2022
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN