Walikota Pariaman Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXVI Tahun 2022 Secara Virtual


Erwin | 25 April 2022

Kominfo Kota Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar didampingi Kapolres Pariaman, AKBP Abdul Azis, Dandim 0308 Pariaman, Letkol Arm Wahyu Hidayat, Ketua Pengadilan Negeri Kota Pariaman, Supriyatna Rahmat dan Sekdako Pariaman, Yota Balad menghadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XXVI (26) Tahun 2022 secara virtual di ruang rapat walikota pariaman, Senin (25/4/2022).

Acara yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI ini dihadiri oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Suhajar Diantoro, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendari, Akmal Malik, gubernur, bupati/walikota dan forkopimda provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Walikota Pariaman, Genius Umar menyampaikan bahwa Peringatan Hari Otonomi Daerah tahun ini mengangkat tema "Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudukan ASN Proaktif Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah dalam rangka Mewujudkan Indonesia Emas di Tahun 2045".

"Latar belakang kegiatan ini mengacu kepada Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah, pemerintah pusat dan daerah memperingati Hari Otonomi Daerah ini setiap tahunnya pada tanggal 25 April. dan pada tahun 2022 usia otonomi daerah kita sudah menginjak 26 tahun, usia yang cukup dewasa untuk terus memacu semangat berotonomi daerah ," ujarnya.

Genius menambahkan bahwa, maksud dari kegiatan ini adalah sebagai wadah pertemuan bagi pemerintah pusat dan daerah untuk melakukan refleksi pencapaian terhadap pelaksanaan kebijakan otonomi daerah dalam kerangka NKRI. Tujuannya untuk mengingatkan kembali atas komitmen kita bersama dalam mewujudkan pemerintah daerah yang baik, bersih, transparan dan akuntabel dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Semoga dengan semangat Hari Otonomi Daerah diharapkan dapat merefleksikan kembali makna Otonomi Daerah dan menjadi sprit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini ," tukasnya.

Sekjen Kemendagri RI, Suhajar Diantoro dalam kesempatan tersebut membacakan sambutan dari Mendagri Bapak Tito Karnavian yang mengatakan bahwa, perlu kiranya kita melakukan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari ditetapkannya otonomi daerah yang saat ini genap berusia 26 tahun.

Secara filosofis tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendelegasikan sebagian kewenangan dan urusan pemerintahan sejati untuk menjadikan pemerintahan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumber daya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

Ada pertanyaan sederhana kenapa Hari Peringatan Otonomi Daerah ditetapkan pada tanggal 25 April setiap tahunnya. Pada tahun 1995 pemerintah menyerahkan sebagian urusan pemerintahan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 1995 tentang penyerahan sebahagian urusan pemerintahan kepada 26 daerah tingkat II percontohan ditetapkan pada tanggal 21 April 1995, kebijakan ini dijadikan tonggak dalam pelaksanaan Otonomi Daerah sehingga pada tanggal 7 Februari 1996 pemerintah pusat mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 11 tahun 1996 tentang Hari Otonomi Daerah ditetapkan pada 7 Februari 1996. Melalui keputusan tersebut menetapkan bahwa tanggal 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah.

Kemendagri menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan kemampuan fiskalnya. Peningkatan tersebut diharapkan agar dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga dapat meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia, menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik.

Penutup, acara dilanjutkan dengan Launching Sistem Informasi Laporan Penyelenggara Pemerintahan Daerah (SILPPD) versi 1.1 dan Konsultasi Virtual Otonomi Daerah oleh Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro disaksikan secara langsung oleh tamu yang hadir. (erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Genius Umar tutup Kejurnas Tennis Junior Walikota Pariaman...
    29 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • 200 Anak kurang mampu ikuti Khitanan Massal yang...
    29 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • Sekjen BPP HIPMI, Bagas Adhadirgha "Pengusaha muda harus...
    28 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Buka Karpet Merah Untuk HIPMI Ikut...
    28 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar : Banyaknya Sekolah Dan Perguruan Tinggi...
    28 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • Temui Wako Pariaman Genius Umar, PDGI Akan Gelar...
    28 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • Lengkapi Dokumen RTRW Kota Pariaman, Genius Umar Audiensi...
    28 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad ,Buka Bimtek Implementasi Perizinan dan Pengawasan...
    27 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • DPW Generasi Muda PKDP Riau Dikukuhkan, Ini Harapan...
    26 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Hadiri Peresmian Gedung Panti Asuhan Aisyiyah...
    26 Juni 2022
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • STOP KEKERASAN TERHADAP ANAK
    21 Juni 2022
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI ADM SAGASAJA 2022
    31 Maret 2022
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Sayembara Merancang Alat Teknologi Tepat Guna Tahun...
    31 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK TAHAP II PEMKO PARIAMAN TA 2021
    25 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • PERATURAN DAERAH KOTA PARIAMAN PROVINSI SUMATERA BARAT NO....
    15 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • PERATURAN WALIKOTA PARIAMAN, PROVINSI SUMATERA BARAT NO. 86...
    15 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • PERATURAN WALIKOTA PARIAMAN KOTA PARIAMAN NO. 67 TAHUN...
    15 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • PERATURAN DAERAH KOTA PARIAMAN NO. 4 TAHUN 2021
    15 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Kelulusan dan Pemberkasan CPNS Kota Pariaman TA...
    4 Januari 2022
    Selengkapnya >>
  • Hasil Integrasi SKD - SKB CPNS Pemko Pariaman...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>