Walikota Pariaman Membuka Kegiatan Sosialisasi Metadata dan Penyamaan Persepsi tentang Satu Data Indonesia


Erwin | 8 Juli 2021

Kominfo Kota Pariaman --- Walikota Pariaman Genius Umar secara resmi membuka kegiatan Sosialisasi Metadata dan Publikasi Data serta Penyatuan persepsi tentang Satu Data Indonesia yang digelar Dinas Kominfo Kota Pariaman di ruang rapat walikota pariaman, Kamis (8/7) pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Bidang Statistik Sektoral, Dinas Kominfo dan Statistik Prov Sumbar Oni Fajar Syahdi selaku narasumber, Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman Hendri, Perwakilan BPS Kota Pariaman Tri Hayuni Syadi, Forkompinda, serta OPD terkait lainnya.

Genius Umar dalam sambutannya mengatakan, data adalah hal yang sangat penting bagi kita untuk menyusun perencanaan dan ketika mengambil kebijakan.

"Misalnya berapa pertumbuhan perekonomian Kota Pariaman, jangan sampai mengambil data tahun lalu. Apalagi pertumbuhan ekonomi dalam masa pandemi Covid-19 ini tentu berbeda juga datanya ," terang Genius.

Genius katakan ketika pertumbuhan ekonomi sekarang ini, sektor mana saja yang berkembang apakah sektor pariwisata atau sektor pertanian, perikanan dan sektor lainnya. Sehingga kita bisa mengambil kebijakan dan juga recofusing anggaran akan kemana kita arahkan.

"Pemilihan data ini diperlukan untuk mengambil kebijakan dalam situasi disaster sekarang ini, disaster management sangat diperlukan untuk data yang akurat, maka diminta komunikasi yang intens antara BPS dengan Dinas Kominfo Kota Pariaman dalam mengolah data ," ulasnya.

"Saya minta agar BPS Kota Pariaman mengirimkan update data ini ke saya ", pintanya.

"Metadata ini harus mampu kita koordinasikan, harus menjadi satu data angka sehingga nanti terjemahannya bisa memberikan benefit dan manfaat bagi daerah untuk mengambil keputusan ," tukas Genius.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Statistik Sektoral Dinas Kominfo dan Statistik Prov Sumbar Oni Fajar Syahdi dalam materinya yang berjudul Pengelolaan Data Statistik Sektoral  Menuju Satu Data Indonesia mengatakan, dasar hukum penyelenggaraan statistik sektoral sesuai dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 yaitu tentang Satu Data Indonesia  Standar Data, Metadata, Interoperabilitas & Ref. Induk.

"Dengan pertimbangan bahwa untuk untuk memperoleh Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagipakaikan, diperlukan perbaikan tata kelola Data yang dihasilkan oleh pemerintah melalui penyelenggaraan Satu Data Indonesia, pemerintah memandang perlu adanya ketentuan yang mengatur mengenai Satu Data Indonesia.

"Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola Data pemerintah untuk menghasilkan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Instansi Daerah melalui pemenuhan Standar Data, Metadata, Interoperabilitas Data, dan menggunakan Kode Referensi dan Data Induk,” bunyi Pasal I ayat (1) Perpres ini ", jelasnya.

Oni juga memaparkan tiga jenis statistik berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1996 Pasal 5 yakni statistik dasar untuk keperluan yang bersifat luas, dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat, ciri-cirinya lintas sektoral, berskala nasional dan makro yang diselenggarakan oleh BPS.

Statistik sektoral, dimanfaatkan oleh instansi tertentu untuk mengambil tugas pokok instansi tersebut yang diselenggarakan oleh instansi pemerintah, mandiri atau bersama dengan BPS.

"Statistik khusus dimanfaatkan untuk kebutuhan spesifik dunia usaha pendidikan sosial budaya dan kepentingan lainnya penyelenggaranya lembaga, organisasi, perorangan dan unsur masyarakat lainnya ," tutupnya mengakhiri. (Erwin)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Wawako Pariaman Ingatkan Petugas Medis Untuk Ramah Dalam...
    16 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Tingkatkan Mutu Pendidikan, Genius Umar Teken Mou Sekolah...
    15 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Goro Bersihkan Saluran Irigasi Desa Cubadak...
    15 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Dua Atlet Kota Pariaman Ikuti PON XX di...
    15 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Rotasi Sejumlah Pejabat Tinggi Pratama
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Distribusikan 300 Zakat Pariaman Peduli
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Wako Genius Umar Serahkan Mesin Pencacah Makanan Ternak
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar : Rekruitmen PPPK Guru Lahirkan Guru...
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Kota Pariaman Raih Opini WTP dari Kementerian Keuangan...
    14 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Sah!!! DPRD Kota Pariaman Setujui Rancangan KUA &...
    13 September 2021
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • Lokasi Ujian Mandiri BKN Pengadaan CASN Kota Pariaman...
    13 September 2021
    Selengkapnya >>
  • JADWAL PELAKSANAAN UJIAN DAN PEMBAGIAN SESI SELEKSI KOMPETENSI...
    7 September 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Hasil Akhir Seleksi Administrasi Setelah Sanggah Pengadaan...
    19 Agustus 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Tentang Penundaan Hasil Sanggah Seleksi Administrasi Calon...
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • Ralat Pengumuman Walikota Pariaman
    Tidak Diset
    Selengkapnya >>
  • HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PRA SANGGAH PENGADAAN CALON APARATUR...
    2 Agustus 2021
    Selengkapnya >>
  • Ralat Pengumuman Akreditasi
    23 Juli 2021
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Perbaikan CPNS Kota Pariaman Tahun 2021
    12 Juli 2021
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN CPNS KOTA PARIAMAN 2021
    30 Juni 2021
    Selengkapnya >>
  • PENERIMAAN CALON MAHASISWA BARU PROGRAM SAGA SAJA
    22 April 2021
    Selengkapnya >>