Wawako Pariaman Beri Materi Konsensus Dasar Bernegara


Wawako Mardison M beri kuis kepada peserta sosialisasi konsensus empat pilar bernegara

Phaik | 15 April 2019

Kominfo Kota Pariaman --- Pemerintah pusat hingga ke daerah sepakat meneguhkan dan memperkuat komitmen terhadap empat konsensus dasar bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Komitmen itu sangat penting di tengah meredupnya keempat konsensus dasar bernegara itu akhir-akhir ini.

Guna lebih memantapkan nilai-nilai kebangsaan bagi kalangan generasi muda, unsur organisasi dan masyarakat di Kota Pariaman, Kesbangpol Kota Pariaman sosialisasikan empat konsensus dasar kehidupan berbangsa dan bernegara di Aula Hotel Safari Inn, Desa Taluak, Senin (15/4).

Wawako Pariaman Mardison Mahyuddin membuka sekaligus menjadi pemateri dalam sosialisasi yang akan digelar selama dua hari tersebut, yakni 15-16 April 2019.

Materi sosialisasi ini meliputi Pancasila, tentang Konstitusi UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang dahulu keempat konsensus itu dikenal dengan empat pilar berbangsa dan bernegara. Keempatnya memiliki spektrum/ ruang lingkup yang sangat luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mardison Mahyuddin menyatakan sosialisasi empat konsensus semakin relevan dan memiliki tingkat urgensi yang tinggi karena masyarakat terus berkembang, tidak lagi ada sekat, semua saling terhubung dengan baik tidak ada batasan dan perbedaan, wilayah yang borderles/tanpa ada batas.

Terkait materi, Wawako Mardison mengatakan empat konsensus dasar yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika masih tetap menjadi konsensus bangsa dan dimiliki bangsa ini hingga hari ini. Karena itu, dengan rasa memiliki itulah, ada kewajiban bagi kita untuk membelanya.

“ Dengan diadakannya kegiatan pembinaan ini dapat menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan memperkuat kembali kehidupan berbangsa dan bernegara dan lebih jauh dari itu diharapkan dapat menanamkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, memperkuat potensi integrasi bagi masyarakat serta rasa gotong royong, kerukunan umat beragama, suku, golongan dan ras dalam bingkai NKRI,” jelas Mardison saat memberikan materi dalam kegiatan tersebut.

Dia akhir materinya, tak lupa Wawako Mardison Mahyuddin memberikan kuis bagi para peserta, dan bagi yang beruntung menjawab langsung mendapatkan hadiah dari Wawako tersebut yang juga mantan Ketua DPRD Kota Pariaman itu.

Adapaun narasumber lainnya dalam kegiatan itu yakni dari Kodim 0308 Pariaman, Kesbangpol Kota Pariaman dan KNPI Kota Pariaman.(phaik)

 

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Sejarah Tugu ASEAN di Kota Pariaman
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • IKO PARIS, Gelar Rapat dan agenda kegiatan
    19 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Unik dan Nyentrik, KPPS gunakan pakaian Adat Minangkabau...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar Walikota Pariaman Monitoring Pelaksanaan Pemilu 2019
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Mardison Mahyuddin beserta Keluarga gunakan hak pilihnya.
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Usai mencoblos, Genius Umar: "kita optimis Partisipasi Pemilih...
    17 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Genius Umar "Kita Berharap Kelancaran Pemilu 2019 Kota...
    16 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jelang Pemilu 2019, Genius Umar: "Kita ciptakan Pemilu...
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
  • Jambore Kader PKK berprestasi tingkat Kota Pariaman Tahun...
    14 April 2019
    Selengkapnya >>
  • 86 Pelaku UKM Kota Pariaman Dibina Bentuk Koperasi
    15 April 2019
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN