Yota Balad : Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Mulut, Cara Tepat Untuk Mengubah Perilaku Hidup Yang Tidak Sehat


Tachi | 16 Juli 2022

Kominfo Kota Pariaman – “Kegiatan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ini sangat banyak sekali manfaatnya bagi Kota Pariaman, dan Kabupaten Padang Pariaman, terutama untuk mengedukasi anak-anak, mulai dari anak usia dini sampai anak-anak tingkat sekolah dasar, tentang bagaimana cara merawat gigi itu dengan baik, karena salah satu sumber kesehatan itu juga ada pada kesehatan gigi. Jika gigi kita bermasalah, maka semua tubuh juga akan jadi bermasalah”, sebut Yota Balad, Sekretaris Daerah Kota Pariaman.

Oleh karena itu, kami memandang, pelaksanaan kegiatan Baksos ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan, dari keluarga besar PDGI untuk melakukan perubahan menuju organisasi profesi yang lebih peduli terhadap sesama, khususnya kepada anak-anak.

Hal tersebut diungkapkannya dalam wawancara dengan Tim Peliput MCP Diskominfo Kota Pariaman, di acara kegiatan “Bakti Sosial Nasional PDGI Kota Pariaman/Kabupaten Padang Pariaman”, untuk memeriahkan HUT ke-20 Kota Pariaman, Hari Kesehatan Gigi Nasional, dan Bulan Kesehatan Gigi Nasional Tahun 2022 Tingkat Kota Pariaman, bertempat di Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Sabtu (18/7).

Yota Balad menjelaskan bahwa, penyuluhan kesehatan gigi dan mulut merupakan cara yang tepat, untuk mengubah perilaku hidup yang tidak sehat, serta dapat membantu dalam masalah perawatan gigi dan mulut pada anak usia sekolah.

“Dengan adanya penyuluhan tersebut, bisa memberikan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut serta memberikan motivasi kepada masyarakat tentang merawat dan memelihara kesehatan gigi dan mulut, di samping sebagai upaya promotif dan preventif bagi masyarakat yang terkena maupun yang belum”, terangnya.

Beliau juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas nama pemerintah Kota Pariaman, atas sumbangsih dan kepedulian yang telah diwujudkan oleh PDGI kepada masyarakat Kota Pariaman, karena pemerintah Kota Pariaman juga sangat peduli dengan kesehatan gigi masyarakatnya.

Yota Balad berharap kedepannya Dinas Kesehatan Kota Pariaman dan PDGI melakukan kerjasama, untuk melakukan kegiatan rutin seperti ini ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Pariaman, untuk memberikan penyuluhan atau edukasi kesehatan gigi pada anak-anak, karena gigi juga merupakan salah satu organ tubuh yang sentral untuk bagi kesehatan tubuh.

Sementara itu Ketua Panitia Kegiatan PDGI Naima Hayati, sebutkan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh dokter gigi sebanyak 264 orang, yang berasal dari Sumatera bagian tengah, dengan rincian dari Provinsi Sumatera Barat 159 orang, Riau 15 orang, Kepulauan Riau 17 orang, Jambi 21 orang, dan Kota Pariaman serta Kabupaten Padang Pariaman selaku tuan rumah sebanyak 58 orang.

Sedangkan sasaran dari kegiatan ini adalah murid-murid SD se Kecamatan Pariaman Tengah yang diwakili masing-masing SD sebanyak 10 orang murid yang tergabung sebagai dokter kecil yang akan melakukan aksi gosok gigi massal dan diberikan pelayanan kesehatan gigi berupa pencabutan gigi susu, dan penambalan gigi.

Selain itu para dokter cilik juga akan mengikuti lomba penyuluhan gigi antar sekolah dengan tema “Gigiku bersih, Sehat, Berkilau, Menentukan Masa Depanku”.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Walikota Pariaman Genius Umar yang diwakili oleh Yota Balad, juga dihadiri oleh Asisten II Elvis Chandra, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora, Forkopimda, Ketua DWP Kota Pariaman Ny.Yosneli Balad, Camat Pariaman Tengah, Lurah Kelurahan Pasir, Kepala OPD, Pengurus Cabang PDGI Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. (tachi)

MC Kota Pariaman
Share Berita:

BERITA TERBARU
  • Pj Wali Kota Pariaman Terima Pin Emas dari...
    25 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka Staf Ahli, Hertati Taher, Seminar Nasional, Halal...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • 145 Siswa ikuti Seleksi Calon Paskibraka Kota Pariaman...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Buka Raker Jajaran Kantor Kemenag Kota Pariaman, ini...
    20 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Dibuka oleh Pj Wali Kota Pariaman, Pemko Pariaman...
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Pemko Pariaman Gelar Apel Gabungan dan Halal Bihalal
    17 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Yota Balad Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Rumah Di...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Hari Pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Pemko...
    16 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Libur Lebaran, Puluhan Ribu Wisatawan kunjungi destinasi wisata...
    14 April 2024
    Selengkapnya >>
  • Tinjau Pos Pengamanan Lebaran, Yota Balad dan Kapolres...
    13 April 2024
    Selengkapnya >>
AGENDA TERBARU
PENGUMUMAN
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA...
    24 Desember 2023
    Selengkapnya >>
  • Pengumuman Persyaratan Kerjasama Penyebarluasan Informasi Pemda Kota Pariaman...
    16 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN JADWAL TES KOMPETENSI PPPK GURU KOTA PARIAMAN...
    9 November 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH PPPK JABATAN...
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI PASCA SANGGAH
    25 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PPPK KOTA PARIAMAN 2023
    17 Oktober 2023
    Selengkapnya >>
  • REVISI PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI...
    21 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN PENGADAAN PPPK JABATAN FUNGSIONAL GURU DI LINGKUNGAN...
    19 September 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN HASIL PENULISAN DAN PEMAPARAN MAKALAH SELEKSI TERBUKA...
    9 Agustus 2023
    Selengkapnya >>
  • PENGUMUMAN TIGA BESAR SELEKSI TERBUKA JABATAN PIMPINAN TINGGI...
    11 Agustus 2023
    Selengkapnya >>